Dengan fisik yang bergelombang, smartfloor deck memberi keuntungan lain ketika dipakai untuk pelat lantai, yaitu penggunaan volume beton bisa hemat. umumnya dengan menggunakan kekisting dari kayu, hasil cetakan beton di bagian bawahnya akan rata sesuai dengan bentuk cetakannya. sedangkan bila menggunakan smartfloor deck, hasil cetakanya akan mengikuti bentuk profil yang bergelombang. profil bergelombang inilah yang akan menghemat kebutuhan pemakaian beton karena profil ini mengurangi luas penampang pelat lantai.

bila dibandingkan dengan mengedak cara konvensional, penghematannya bisa mencapai 20-30% dengan ketebalan pelat yang sama , yaitu 12-14 cm,” ucap Agung

selain itu, penggunaan superdek maxiflor bondek juga bisa menghemat penggunaan baja tulangan. jika cara konvensional, besi wiremesh yang dibutuhkan seharusnya 2 lapis, sedangkan dengan menggunakan smartfloor deck, besi cukup 1 lapis. diameter besinya pun tidak perlu besar. untuk ukuran ruang 3×3 m diatameter besi yang dibutuhkan adalah 6mm dan untuk ruang berukuran 4×4 diameter besi cukup 7mm.